Jamaah Ahmadiyah Tobat Massal di Monas

JAKARTA — Sebanyak 70 orang anggota jamaah Ahmadiyah melakukan tobat massal di lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Senin, dengan menyatakan kembali ke ajaran Islam.

Jamaah Ahmadiyah yang bertobat massal di hadapan ribuan umat Islam berbagai kelompok, diantaranya Front Pembela Islam (FMI), Forum Umat Islam dan Gerakan Reformis Islam (Garis) itu, berasal dari Desa Tenjowaringin, Kecamatan Selawu, Tasikmalaya Jawa Barat.

Tobat massal itu dipimpin Sekretaris Jendral FPI Ahmad Sobri Lubis dan disaksikan sejumlah ulama Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Seluruh mantan anggota jemaah Ahmadiyah itu dibimbing mengucapkan dua kalimat sahadat sebagai syarat kembali ke ajaran Islam, diiringi takbir ribuan umat Islam yang hadir di acara itu.

“Mereka kembali ke ajaran Islam tanpa ada paksaan. Jadi, kami semua akan membimbing mereka untuk kembali keajaran yang benar,” kata Sekjen FPI di sela acara itu.

Menurut dia, selain membantu mantan jamaah Ahmadiyah kembali ke Islam, pihaknya akan membantu pembangunan masjid Al-Aqsha di Tenjowaringin, Tasikmalaya.

“Mereka yang kembali ini sebelumnya tidak paham apa yang dilakukannya. Mereka hanya ikut-ikutan dan tidak tahu ajaran yang dianutnya. Untuk itu, saudara kita ini harus dibimbing,” katanya dengan suara lantang.

Seorang anggota jamaah Ahmadiyah bernama Etik menuturkan, sebelum ini 80 persen warga Desa Tenjowaringin adalah penganut Ahmadiyah, namun jumlahnya terus berkurang setelah banyak yang kembali ke ajaran Islam. “Kami kembali ke ajaran Islam atas dasar keinginan pribadi, bukan paksaan,” akunya. – ant/ahi

Copy dari Republika Online Senin, 01 Juni 2009

Leave a comment